Tuesday, November 24, 2009

Monetize Blog

Monetize blog menurut pak Zen adalah ngeblog sambil nyari duit. Secara garis besar, model yang ditawarkan di internet antara lain:
  • Cost per Click : Anda menempatkan iklan berupa gambar banner atau teks daftar link, dan mendapatkan uang jika ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut. Contohnya ya Google AdSense yang sangat populer itu.
  • Cost per Action: Hampir serupa dengan Cost per Click, bedanya Anda baru mendapatkan uang jika pengunjung yang melakukan klik iklan tadi selanjutnya melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk yang ditawarkan, bergabung dengan layanan yang ditawarkan, atau mendownload file yang ditawarkan (aksi yang dibayar tergantung keinginan pengiklan). Contohnya adalah kemitraan Amazon Associates.
  • Selling Space: Berbeda dengan model Cost per Click dan Cost per Action yang mensyaratkan adanya aktivitas klik dari pengunjung agar Anda mendapatkan uang, model Selling Space lebih sederhana. Anda mendapatkan uang atas iklan yang terpasang di blog Anda meskipun iklan tersebut tidak diklik oleh pengunjung. Intinya, Anda menyewakan ruang di blog bagi pengiklan. Contohnya adalah Text Link Ads.
  • Paid for Content: Anda mendapatkan uang dari pengiklan atas posting Anda yang berisi ulasan mengenai produk atau jasa mereka. Tentunya posting Anda mengandung ‘pesan sponsor’. Contoh untuk model ini adalah ReviewMe.
Bagi Anda yang benar-benar berminat , berikut referensi layanan-layanan kemitraan periklanan yang bisa dicoba: